Program Sinerji   “Peningkatan Kualitas Pemasaran UMKM di Era Revolusi Industri 4.0”

Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (HIPMIKINDO) telah sukses melakukan dua (2) kegiatan yang diawali  pada tanggal 12 November 2019 dengan Fokus Group Discussion (FGD) difasilitasi Bapak Aris Dharmawan staf ahli Kemenko PMK,  kegiatan kedua pada tanggal 13-14 November 2019 melaksanakan Pendidikan dan sertifikasi “Pelaksana Pemasaran”, sertifikasi pelaksana pemasaran adalah menyiapkan UMKM agar kompeten dan sukses untuk memasarkan produknya, meningkatkan daya saing memperluas pangsa pasar serta meningkatkan pendapatan UMKM secara berkesinambunhan.

 

Kegiatan  Sertifikasi ditutup tgl  14 November 2019 oleh Jurika Fratiwi selaku pengurus DPP Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia  mengatakan “Dalam kegiatan Sinerji ini diharapkan akan  berkelanjutan, program akan diusahakan bersinergis dengan program pemerintah antara lain Kementerian Koperasi dan UKM, Perdagangan, Perindustrian, Tenaga Kerja dan BUMN. Di era revolusi 4.0 UMKM diruntut memiliki kompetensi untuk menghadapi memenangi persaingan bebas yang diawali tahun 2020 penguasaan Informasi Communicatin dan Technologi (ICT) dan digital (go online) adalah keniscayaan. Penggunaan media online sebagai metode baru bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya apabila ingin mperluas jangkauan pasar internasional. Faktanya banyak kemudahan di era 4.0 ini  ketika kita mampu mengikuti pekerbangan antara lain kemudahan berpromosi dan menjual secara global tetapi jika tidak bisa mengikuti perkembangan maka bersiaplah untuk  hanya memiliki kenangan bahwa dulu kita punya usaha yang saat  ini hampir tenggelam.

 

Syahnan Phalipi Ketua Umum Hipmikindo juga menambahkan ”tolak ukur kegiatan sinerji ini adalah terlaksananya program wirausaha yang kompeten, menigkatnya pemahaman dan pengetahuan tentang Revolusi Industri  4.0  dan menyiapkan solusinya agar tidak tertinggal serta meningkatnya daya saing

Seluruh peserta diharapkan  termotivasi berwirausaha dengan memiliki ketrampilan hidup (life skill) sesuai degan minat, bakat dan kemampuan.

Peserta sangat terkesan dan puas dengan kegiatan ini  seperti Osmiyati yang mewakili Komunitas  Kreatif  Difabel, mengatakan sangat bersyukur DPP HIPMIKINDO begitu peduli pada pelaku UMKM dan ia berjanji akan selalu melibatkan komunitasnya untuk berbagai program Sinergi Hipmikindo.

Pada acara penutupan acara Osmiyati mewakili peserta memberikan ucapaan terima kasih kepada Bapak Aris Dharmansyah selaku Staf Ahli Menteri bidang UKM dan Kreatif di Kemenko PMK atas inisiasi beliau melakukan FGD bersinerji dangan Hipmikindo, selaku praktisi ia pun berharap kegiatan sinergi  seperti ini harus dilakukan secara berkelanjutan kerena amat dibutuhkan oleh UMKM.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *